English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Windows 7 ngeblank / Blue Screen

Saat membaca tutor ini,mungkin komputer anda sedang / baru saja mengalami Blue Screen.
menyebalkan sekali ya:D
apalagi masalah itu muncul saat komputer kita pake ngerjain tugas penting 
dan masalah yang sama,terjadi berulang.
nah disini saya akan coba berbagi cara untuk mengatasi Windows 7 ngeblank / Blue Screen yg istilah kerennya biasa disebut (BSOD)“Blue Screen Of Death ” hal ini terjadi karena adanya critical error pada Sistem  Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan.
Mungkin untuk kita yang masih sangat awam dengan masalah komputer,langsung berfikir " ah instal ulang aja " tapi sebelum anda melakukannya coba dulu cara berikut :
pertama restart computer anda, lalu tunggu computer booting ulang.jika masih terjadi blue screen, Tekan Power button pada computer , dan tahan sampai computer bener-bener off.Kemudian hidupkan lagi computer, ketika booting tekan F8 dan dan tunggu nanti anda akan masuk pada jendela pilihan booting, nah disini pilih booting dengan safe mode, tunggu sampai windows booting dengan safe mode. Nah sekarang anda sudah masuk ke operasi system safe mode.Langkah selanjutnya klik start windows pilih control panel >> system & security >> action Center >>recovery >>open System restore >> next >> next >> finish >> yes. Tunggu dan biarkan windows restart otomatis, setelah itu windows akan booting lagi,apakah sekarang windowsnya sudah bisa booting dengan normal....???
Jika Cara yang diatas tidak juga bisa menyelesaikan masalahnya coba cara yang lain yaitu.
Repair System Operasi Windows, dengan menggunakan DVD Operasi Sytem Windows anda.
masukan DVD windows 7,lanjutkan langkahnya seperti saat mau instal.bgitu sampai pada gambar seperti di bawah
pilih "Repair your computer" > Next >

pilih "Startup Repair"

tunggu prosesnya selesai



Dan jika Cara diatas juga belum bisa mengatasi masalah si biru tadi, sekarang coba cara yang lain yaitu,
Memeriksa Perangkat Hardware.
Yang pertama anda periksa itu adalah Hard disk, terkadang kondisi hard disk yang kurang baik, bisa juga mengakibatkan Blue Screen, jika memang Hard disk baik baik saja, dan anda tidak menemukan kerusakan yang berarti ada baiknya anda memeriksa Memory RAM anda, Pastikan kalau RAM anda  terpasang dengan baik, atau kalau memang dibutuhkan periksa RAM Anda dengan menjalankan program "Windows Memory Diagnostic" oke itu saja,mudah mudahan cukup membantu.mudah mudahan anda tidak bertemu lagi dengan yang namanya Windows 7 ngeblank / Blue Screen lagi.atau setidaknya anda tau cara untuk menyikapinya kelak jika mengalami masalah yang sama

2 komentar:

  1. saya setelah reapir malah tidak mau masuk ke widowsnya gan muter muter di repair terus. akhirnya saya install ulang dech. makasih untuk sharenya

    kunjungi juga http://bongkardong.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih jg uda mampir gan.tapi maaf kalo kurang membantu.
      dan saya pasti kunjungi http://bongkardong.blogspot.com

      Hapus